4 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Xiaomi 100% Akurat

Cara cek kesehatan baterai xiaomi
Cara cek kesehatan baterai Xiaomi Selalu Melakukan pengecekan terhadap Kondisi Baterai secara berkala memang lah harus dilakukan agar Kodisi Baterai terutama Hp Xiaomi tetap Sehat dan tidak Boros saat digunakan dalam kondisi yang lama. Meskipun saat ini Baterai HP Sudah dibekali dengan kapasitas yang besar, Namun tidak menutup kemungkinan Baterai HP Xiaomi kalian akan tetap Awet sewaktu-waktu pasti akan Menurun Daya Baterai HP tersebut. Lalu bagaimana cara cek kesehatan baterai Xiaomi?

Biayanya untuk mengecek kesehatan baterai HP Xiaomi bisa dilakukan dengan cara melihat kondisi fisik batu baterai tersebut dengan cara melihat apakah baterai kondisi baterai tersebut mengalami kembung atau tidak. Jika kondisi baterai sudah kembung artinya kondisi batu baterai tersebut sudah tidak layak untuk digunakan.

Namun saat ini ada dua jenis tipe Baterai yaitu Baterai yang bisa di copot pasang dan ada juga baterai non-removable battery atau baterai tanam. Untuk mengecek kondisi baterai tanam Xiaomi ini Pasti satu di antara kalian masih banyak yang belum tahu. Di artikel ini kalian akan saya sajikan bagaiman cara cek kesehatan baterai Xiaomi dengan mudah dan tanpa perlu waktu yang lama.

Cara Mengecek Baterai Bocor Atau Tidak


Untuk cara mengecek kondisi baterai HP Xiaomi ada beberapa tanda yang bisa kalian lakukan untuk mengecek apakah kondisi baterai tersebut Bocor atau Tidak. Nah untuk cara mengeceknya adalah sebagai berikut

1. Baterai Cepat Penuh Dan Cepat Habis


Untuk cara mengecek kondisi baterai bocor atau tidak yang pertama adalah dengan cara melihat tandanya. Coba kalian perhatikan apa kah saat baterai HP di Cas akan cepat penuh dan saat sudah penuh akan cepat habis? Jika batu baterai HP kalian mengalami hal tersebut berarti baterai kalian mengalami bocor.


2. Ketika Di Cas Baterai Penuh, Dicabut Berkurang Banyak


Salah satu tanda Baterai HP Xiaomi mengalami bocor adalah dengan keadaan nya yang apa bila di cas bateran hp akan terlihat Penuh namun apa bila dicabut baterai HP Xiaomi akan langsung berkurang banyak. Jika hp Xiaomi kalian mengalami salah satu tanda berikut artinya batu baterai HP kalian mengalami bocor.

3. Bagian Belakang HP Xiaomi Mengembung


Nah pada tanda ini apa bila kalian mengalami bagian belakang hp xiaomi terlihat kembung itu artinya baterai kalian mengalami kebocoran. kasus seperti ini biasanya terjadi pada tipe baterai yang bisa di cabut pasang, Apabila hp kalian mengalami kasus seperti ini perlu untuk mengganti nya Dengan yang baru.

4. Baterai HP Lama Terisi Ketika Di Cas


Pada kondisi selanjutnya adalah baterai HP akan lama terisi nya. Pada umumnya baterai HP akan terisi dengan penuh hanya perlu membutuhkan waktu yang kurang lebih 1-2 Jam. Namun apabila baterai HP kalian saat di cas membutuhkan waktu lama hingga 3-4 jam bisa jadi baterai HP kalian mengalami bocor.

5. Hp Hanya Bisa Hidup Saat Di Cas


Salah satu Tanda yang terakhir ialah HP Xiaomi kalian hanya dapat hidup ketika dicas saja. Apa bila HP kalian di cabut akan mati. Sehingga kalian hanya bisa menggunakan HP xiaomi dalam keadaan tercas saja. Pada kasus seperti ini bisa dipastikan baterai HP Xiaomi kalian mengalami masalah yaitu kebocoran. Pada kondisi ini kalian perlu mengganti baterai dengan yang baru.

Penyebab Kerusakan Baterai HP Xiaomi


Perlu kalian ketahui ada beberapa penyebab baterai HP Xiaomi kalian mengalami kerusakan, Beberapa penyebab kerusakan baterai HP  berikut ini mungkin saja tidak kalian ketahui

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

  • Menggunakan HP Xiaomi sambil dicas
  • Baterai HP Xiaomi Kalian Sudah Terlalu Lama
  • Menggunakan charger Saat mengecas Tidak pas.
  • Hp Xiaomi Sering dicas terlalu lama


Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Bocor


Jika dalam keadaan baterai HP Xiaomi kalian terlihat masih memperlihatkan tanda bocor yang masih sangat ringan artinya baterai hp kalian masih bisa mengatasinya agar nantinya tidak akan semakin bocor. Berikut ini ada beberapa cara yang akan saya berikan kepada kalian untuk mengatasinya agar baterai HP tidak terlanjur bocor

  • Gunakan Wallpaper Biasa jangan yang ber Animasi
  • Berisihkan histori aplikasi yang sudah tidak digunakan
  • Atur kecerahan Layar HP Xiaomi
  • Gunakan aplikasi penghemat baterai
  • Nonaktifkan aplikasi Google
  • Jangan menggunakan HP saat di Cas


Nah itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Baterai HP Xiaomi kalian bocor. Beberapa cara diatas memang tidak membuat baterai HP Xiaomi kalian menjadi baru atau normal seperti biasa. Namun dengan cara diatas setidaknya baterai HP Xiaomi kalian tidak menambah parah.

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Xiaomi


Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek kesehatan baterai HP Xiaomi, yaitu sebagai berikut

1. Menggunakan Cara Cek Kode Baterai Xiaomi


Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk melihat kesehatan baterai Hp Xiaomi kalian yaitu dengan menggunakan kode pengecek baterai. Kode ini juga berlaku di beberapa merek hp lainya seperyi Xiaomi, Lenovo, Samsung, OPPO, ASUS, VIVO dan lain-lain sebagainya. Apalagi baterai HP Xiaomi dengan tipe non-removable battery. Perlu dengan kode cek ini sangat lah membantu, namun sebagain besar hp Xiaomi sudah pasti ada fitur ini. Untuk cara nya sebagai berikut

Baca Juga: Cara Membuka Aplikasi Terkunci Xiaomi

  • Buka Dial Pad
  • Lalu ketikan *#*#4636#*#*
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul menu baru
  • Lalu pilih menu Battery Information/ Informasi Baterai
  • Pada informasi berikut akan terlihat kodisi baterai HP kalian Good atau Baik apa Tidak.


2. Paksa HP Dalam Keadaan Full Load


Untuk cara yang kedua adalah dengan memakai nya dalam keadaan Full Load. Yaitu dengan cara Cas terlebih dahulu Hp Xiaomi kalian hingga penuh sekitar 100% lalu kalian cobakan untuk menggunakan Aplikasi atau Game berat, seperti main Game PUBG atau Mobile Lagends. Coba kalian lihat apakah daya baterai berkurang dengan sangat cepat atau tidak. Jika mengalami masalah seperti itu artinya ada yang bermasalah Dengan kondisi baterai HP kalian.

3. Dengan Menggunakan Aplikasi AccuBattery


Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama AccuBattery yaitu adalah aplikasi digunakan untuk mengecek kesehatan baterai Hp Xiaomi atau merek hp lainya yang memiliki fungsi sebagai testing baterai HP Android. Untuk cara nya adalah sebagai berikut


  • Pertama Silahkan kalian download dan install terlebih dahulu aplikasi AccuBattery di Play Store
  • Kemudian, habiskan daya baterai HP Xiaomi kalian sampai dengan 0%.
  • Jika sudah sambungkan HP Xiaomi kalian ke charger lalu nyalakan
  • Pastikan aplikasi AccuBattery telah berjalan dengan baik dan benar.
  • Tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai 100%. Kemudian lepas charger dan buka aplikasi AccuBattery.  
  • pada aplikasi tersebut akan ada informasi kesehatan baterai hp xiaomi kalian serta kalkulasi daya tahan baterai tersebut.


4. Buka Casing Belakang Hp Xiaomi


Cara selanjutnya adalah dengan membuka Casing bagian belakang Hp Android, Dengan cara ini kalian akan melihat keadaan fisik dari baterai apa kah mengembung atau tidak. Jika setelah dibuka teryata baterai mengembung sudah bisa dipastikan bahwa baterai tersebut mengalami bocor dan perlu di ganti dengan yang baru.

Baterai HP Xiaomi yang normal tentu saja akan memiliki bentuk yang datar dan akan tetap dingin kondisi nya, meskipun panas namun tidak akan panas banget. Sedangkan apa bila baterai yang sudah rusak atau bocor akan nampak seperti sebaliknya. Sebenernya dengan melakukan pengecekan fisik kalian sudah tau kondisi baterai HP kalian.

Baca Juga: Cara Screenshoot Panjang Hp Xiaomi

Namun untuk melepas casing bagian belakang HP Xiaomi dengan tipe baterai tanam memang sangat sulit untuk dilakukan harus dibawah ke service Hp Xiaomi terdekat. Apalagi untuk kalian yang masih seorang pemula dalam memperbaiki hp Android. Terlebih lagi jika HP xiaomi kalian masih dalam keadaan garansi, maka lenyap sudah garansi tersebut akan hangus begitu saja. Jadi jika hp xiaomi kalian menggunakan baterai tanam silahkan pertimbangkan lagi ya?

Apa Yang Dilakukan jika Baterai Bocor Atau Rusak?


Untuk permasalan ini sebenarnya kembali lagi pada kondisi baterai hp xiaomi kalian apa kah kerusakan nya masih bisa di perbaiki atau tidak. Jika kondisi baterai masih bagus meskipun bocor namun masih bisa diperbaiki kalian bisa menggunakan Opsi cara mengatasi batu baterai bocor di atas.

Beda halnya dengan tipe baterai HP Xiaomi yang menggunakan tipe baterai tanam, tentu akan sangat sulit apa bila jika di ganti sendiri, mau tidak mau kalian harus membawanya ke service center HP terdekat untuk menggantikan baterai nya. Di sana kalian biisa langsung membeli baterai, atau konsultasi masalah terlebih dahulu sebelum menggantikan nya. Kalian bisa mencoba solusi sederhana seperti melakukan kalibrasi dan memperbaiki indikator baterai Xiaomi.

Penutup


jika hanya Untuk mengetahui atau melakukan pengecekan terhadap kesehatan baterai HP Xiaomi kalian mungkin mudah saja dan bisa dilakukan Dimana saja dengan menggunakan cara diatas.

Baca Juga: Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu SIM Xiaomi

Namun ada beberapa tipe baterai tanam keluaran terbaru yang sekarang ini sudah menerapkan baterau tanam tentu dengan hal yang seperti ini rasanya akan sangat sulit dilakukan perbaikan secara sendiri musti dibawa ke Service Center terdekat jika tidak ingin kerusakan baterai berlanjut parah.

Demikian dan itu lah beberap cara yang bisa kalian semua lakukan untuk Cara cek kesehatan baterai xiaomi. Semoga Artikel Ini bisa sangat Bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa di Share ya!

Rendi Saputra
Rendi Saputra Bukan Pro atau Suhu melainkan Newbie yang sering Googling!